Evaluasi Tengah Semester PBKK-C
ETS PBKK-C Genap 2020/2021
Frans Wijaya 05111940000098
Adrian Santoso 05111940000130
Imanuel Banifernando Simatupang 05111840000085
EQUIP POS merupakan perangkat lunak berbasis cloud (komputasi awan), yang dilengkapi dengan interface modern dan ramah pengguna. Alhasil, EQUIP POS sangat mudah dipahami, bahkan oleh orang awam. Beberapa fitur andalannya yakni:
Manajemen Multi Pengguna & Multi Lokasi
EQUIP Pos memungkinkan pengguna (pemiliknya) untuk memberikan akses manajemen ke berbagai pihak tanpa dibatasi. Selain itu, EQUIP POS juga memfasilitasi pengaksesan manajemen di berbagai lokasi sekaligus. Hal ini dapat memudahkan pembentukan sistem manajemen.
Suspensi Transaksi / Penangguhan Penjualan
EQUIP POS memungkinkan penangguhan transaksi jika terjadi keadaan darurat atau ketika pelanggan harus pergi untuk sementara waktu. Transaksi dikelola secara paralel untuk mempercepat proses pembayaran bagi pelanggan. Dengan fitur ini, pengguna dapat lebih fleksibel dalam melayani customer.
Sinkronisasi Produk dan Harga
Fitur yang disediakan EQUIP POS ini mempermudah pengguna karena tidak perlu memperbarui setiap item secara manual. Semua produk disetiap toko pengguna, beserta harganya akan disinkronkan dan disimpan secara bersamaan dalam sistem POS berbasis Cloud. Pengguna juga dapat mengetahui ketersediaan stok barang secara real time dan melakukan update kapan pun dan di mana pun.
Manajemen Customer Loyalty
Diskon dan poin loyalty merupakan hal yang rutin diberikan sebuah toko kepada pelanggannya. EQUIP POS memberikan fitur yang dapat mempermudah manajemen pemberian diskon dan poin loyalty tersebut. EQUIP POS memudahkan pengguna mempersonalisasi hadiah dan diskon untuk pelanggan setia pengguna melalui fitur Customer Loyalty Management.
Manajemen Pengembalian Produk
EQUIP POS memberikan fitur pencatatan otomatis apabila ada barang yang dikembalikan. Ketika ada barang dikembalikan, maka otomatis akan terjadi perubahan baik pada stok maupun pada riwayat transaksi. Pengguna tidak perlu mengupdate satu-satu.
Riwayat penjualan
Fitur ini mempermudah pengguna agar tidak perlu memasukkan riwayat transaksi satu per satu. Segala jenis transaksi yang terjadi akan otomatis tercatat. Dengan fitur ini, pengguna dapat lebih mudah melihat rekam jejak penjualan apabila ada indikasi kecurangan.
Pencarian Produk
Tak lupa, EQUIP POS menyediakan fitur penting yang sangat diperlukan setiap toko retail maupun usaha bisnis lainnya, yaitu pencarian produk. Dengan fitur ini, pengguna dapat mencari dan melihat semua produk yang terdaftar di sebuah toko retail.
3. Rancangan UI aplikasi POS dapat dilihat di slide berikut:
4. Penjelasan rancangan:
Halaman splash :
Halaman saat pertama kali user akses untuk menampilkan logo dan versi aplikasi.
Halaman login :
Halaman untuk login dengan cara mengisikan username dan password. Selain itu, user juga perlu memasukkan role dimana terdapat 2 pilihan : admin dan seller.
Halaman admin :
- Category :
Admin dapat menambahkan, mengedit, dan menghapus category. Di sini admin harus mengisi id, name, dan description untuk menambahkan category.
- Seller
Admin dapat menambahkan, mengedit, dan menghapus akun seller agar seller dapat login juga. Di sini admin harus mengisi id, name, age, phone, dan password untuk menambahkan seller.
- Product
Admin dapat menambahkan, mengedit dan menghapus product. Di sini admin harus mengisi
id, name, quantity, price, dan category untuk product tersebut untuk menambahkan product.
- Report
Admin dapat melihat report hasil penjualan dari seller. Di sini, admin dapat melakukan group by berdasarkan tanggal dan nama penjual. Untuk group by berdasarkan tanggal, admin akan melihat penjualan harian dari seller. Sedangkan group by berdasarkan nama penjual, admin dapat melihat total penjualan yang telah dilakukan oleh seller nya. Data yang ditampilkan adalah nama serta besar nominal dari penjualan.
Halaman seller :
- Selling
Seller dapat menambahkan transaksi serta menampilkan total harga dari penjualan barang. Di sini admin harus mengisi Bill Id, Product name, Price, dan Quantity. Setiap menambahkan tiap barang maka seller harus menekan tombol 'Add Product'. Setelah selesai menambahkan semua barang, maka seller harus menekan tombol 'Add' untuk menambahkan ke tabel transaksi.
Seller dapat mencetak setiap transaksi dengan format tertentu dengan cara menekan tombol 'Print'. Setelah itu, akan ditampilkan halaman dari detail nota transaksi yang telah di klik sebelumnya.
Untuk kode nya dapat dilihat pada link berikut : link github
5. Penjelasan Tutorial dapat dilihat di link berikut ini:
Komentar
Posting Komentar