Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan - Identifikas Aplikasi Parkir

 - February 09, 2022

Nama        : Frans Wijaya

NRP          : 05111940000098

Kelas         : RK B



Deskripsi Aplikasi

E-parkir adalah sistem pengelolaan retribusi parkir secara elektronik. Sistem ini terintegrasi dengan semua bidang/petugas terkait serta alat pengawasan yang dipasang pada lokasi-lokasi parkir.  Adapun alur penggunaan aplikasi e-parking adalah sebagai berikut:
  1. Pengendara mendatangi area parkir.
  2. Pengendara menekan tombol tiket pada mesin karcis, kemudian pengendara mengambil karcis yang dikeluarkan oleh mesin.
  3. Palang parkir dibukakan.
  4. Pengendara akan keluar dari area parkir.
  5. Pengendara mengscan karcis parkir pada sensor scan karcis.
  6. Mesin mengeluarkan jumlah biaya yang harus dibayarkan.
  7. Pengendara dapat memilih metode pembayaran. Tersedia dua metode yaitu kartu atau QRIS.
  8. Apabila menggunakan metode kartu, maka pengendara dapat mengscan kartu tol/debitnya pada sensor scan kartu. Apabila pengendara menggunakan metode pembayaran QRIS, maka pengendara dapat mengscan barcode yang ditampilkan oleh mesin.
  9. Apabila saldo mencukup, palang parkir akan terbuka. Apabila saldo tidak mencukupi, maka mesin akan mengeluarkan pemberitahuan.
Keuntungan dalam pemanfaat aplikasi E-parkir ini adalah :
  • Transparansi pendapatan dan pendataan parkir;
  • Laporan pendapatan dapat diakses secara online oleh semua stakeholder terkait sehingga menjadi paperless;
  • Pengaturan parkir akan mejadi lebih tertib untuk menjadikan kota yang memiliki tata lalulintas  yang baik;
  • Mengurangi biaya untuk menggaji petugas, karena fungsi pembayaran parkir sepenuhnya dilaksanakan oleh mesin dan aplikasi;
  • Mencegah antrian panjang di area parkir;
Namun, ada beberapa masalah yang mungkin terjadi apabila sistem e-parking ini diterapkan di Indonesia dengan kondisinya saat ini. Berikut beberapa kelemahan yang mungkin terjadi:
  • Penolakan dari sebagian kelompok masyarakat karena masyarakat Indonesia yang masih cenderung melakukan pembayaran secara cash.
  • Memungkinkan terjadi kemacetan saat antri membayar e-parking apabila saldo dari pengguna tidak mencukupi.

Identifikasi User dan Stakeholder

User 
  • Pengunjung area parkir : Pengunjung yang akan menggunakan area parkir menjadi pengguna utama dalam proses bisnis ini. 
  • Admin area parkir : Petugas yang ditugaskan untuk mengawasi penggunaan aplikasi dan mesin e-parking agar berjalan dengan baik. Juga petugas yang ditugaskan untuk melihat, memroses, serta mencetak laporan keuangan dari mesin e-parking.
Stakeholder : 
  • Pemilik area parkir, : Sebagai pihak yang membutuhkan fasilitas e-parking. Memerlukan kinerja mesin yang optimal dan laporan keuangan yang jelas dari aplikasi e-parking.

Kebutuhan User dan Stakeholder:

User:
  • Pengunjung area parkir : 
    • Mendapatkan media/bukti penggunaan area parkir
    • Mendapatkan akses keluar masuk area parkir dengan aman
    • Mendapatkan informasi ketersediaan area parkir
    • Melakukan pembyaran dengan mudah dan cepat
  • Admin area parkir:
    • Melihat laporan aktivitas area parkir
    • Melihat laporan keuangan area parkir
Stakeholder:

  • Pemilik area parkir:
    • Mendapatkan laporan statistik yang sudah terolah untuk mengetahui hal apa yang dapat meningkatkan kemajuan area parkir
    • Mendapatkan laporan keurangan serta memastikan uang yang masuk mengalir ke tujuan yang tepat

Aspek Penting yang lain

Berikut beberapa aspek yang dapat memerpelengkapi aplikasi e-parking yang ada saat ini:
  • Koneksi internet yang memadai agar proses pengolahan data aplikasi dapat berjalan cepat.
  • Mesin yang perlu dimaintenance berkala untuk mencegah malfungsi.
  • Aturan dan cara pakai mesin yang jelas agar pengendara yang baru pertama kali memakai dapat mengoperasikan mesin dengan benar.
  • Petugas yang berjaga untuk membantu apabila terjadi kesalahan pada proses tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simple Currency Converter with .NET Framework

Simple Login Form with WPF C#

Final Project PBKK C - Online Shop Website