Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan

 Nama: Frans Wijaya

NRP: 05111940000098

Kelas: Rekayasa Kebutuhan B

Studi Kasus: Aplikasi E-parking

Elicitating:

Ada beberapa pihak yang dapat menjadi sumber pengetahuan, untuk mengetahui masalah atau kebutuhan apa yang dimiliki oleh pihak-pihak terkait dalam proses bisnis parkir di suatu area. Berikut adalah hasil interview pihak-pihak yang terkait.
  • Pengunjung area parkir:
    • Khawatir dengan penularan covid yang semakin meningkat, sehingga merasa takut ketika harus bertransaksi tunai.
    • Ingin menggunakan e-money yang kelebihan saldo, tetapi belum didukung oleh penyedia parkir saat ini.
    • Terkadang mendapat pelayanan yang lama/lambat dari petugas parkir.
    • Terkadang saat memasuki area parkir, slot parkir sudah penuh, padahal karcis telah dicetak.
  • Petugas parkir:
    • Kesulitan memberikan uang kembalian kalau pengunjung memberikan uang pecahan besar.
    • Kelelahan jika harus berjaga dalam waktu lama atau hingga waktu menjelang malam.
    • Kesulitan memroses laporan keuangan harian untuk proses bisnis area parkir.
  • Pemilik area parkir:
    • Laporan keuangan sering meleset dari aslinya.
    • Beberapa kali uang yang disetorkan tidak sesuai dengan pengunjung parkir.

Understanding

Setelah melihat masalah-masalah yang dialami pihak-pihak tersebut, saya mencoba memahami perasaan apa yang dialami oleh pihak-pihak tersebut dan bagaimana harapan mereka.
  • Pengunjung area parkir: Ingin mendapatkan pelayanan yang praktis, aman, dan tidak merepotkan diri mereka. Andaikan ada fasilitas untuk membantu proses transaksi parkir agar lebih cepat, otomatis, serta mensupport berbagai metode pembayaran, pasti akan sangat memuaskan.
  • Petugas parkir: Ingin mendapatkan fasilitas bantuan yang dapat mempermudah kinerja serta dapat meringankan beban kerja. Andaikan ada fasilitas yang dapat membantu proses transaksi agar tidak kesulitan memberi uang kembalian dan juga fasilitas untuk menggantikan waktu kerja yang sampai larut malam, pasti akan sangat memuaskan.
  • Pemilik area parkir: Ingin mendapatkan laporan keuangan yang lebih akurat dan meminimalisir selisih keuangan. Andaikan ada fasilitas yang menunjang transaksi yang aman dan secara otomatis membuat laporan keuangannya sendiri, pasti akan sangat memuaskan.

Specifiying

Berdasarkan proses memahami kebutuhan pihak-pihak yang bersangkutan tersebut, saya mencoba membuat spesifikasi alat bantu berupa sepaket mesin dan aplikasi yang dapat menunjang seluruh harapan dan kebutuhan pihak-pihak di atas. Berikut rinciannya:
  • Memiliki fitur pembayaran multi metode. Mulai dari pembayaran menggunakan e-money, cash, sampai kartu debit/kredit.
  • Dapat berjalan sendiri tanpa dioperasikan secara berkala oleh manusia.
  • Memiliki fitur scan untuk menunjang pembayaran dengan kartu dan fitur generasi barcode untuk pembayaran dengan metode e-money.
  • Dilengkapi dengan fitur pembuatan laporan keuangan harian, mingguan, dan bulanan secara otomatis.
  • Dapat diintegrasikan dengan palang parkir.
  • Dapat menampilkan jumlah slot parkir yang tersedia.
  • Dilengkapi dengan fitur cash-out untuk dimanfaatkan oleh pemilik area parkir.
  • Dilengkapi dengan sambungan internet agar data-data transaksi parkir dapat disimpan dengan baik di penyimpanan cloud.

Validating

Untuk proses pengujian apakah fasilitas bantuan tersebut dapat bekerja dengan baik dan memang dapat menyelesaikan keluhan-keluhan pihak terkait, saya merancangkan skema pengujian sebagai berikut:
  • Tahap pertama, validasi rancangan. Draft rancangan aplikasi e-parking dipresentasikan kepada sejumlah pihak terkait, yaitu pemilik area parkir, petugas parkir, dan sejumlah sukarelawan dari pengunjung parkir. Apabila ada masukan dan revisi dari hasil diskusi tersebut, maka akan dilakukan evaluasi ulang terhadap rancangan aplikasi awal. Tahap ini dilakukan berulang kali hingga seluruh pihak terkait menyetujui rancangan aplikasi.
  • Tahap kedua, uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan selama satu bulan. Dari uji coba ini, dikumpulkan evaluasi-evaluasi dan masalah yang terjadi di lapangan. Setelah itu dilakukan perbaikan untuk mencegah masalah serupa terjadi.
  • Tahap ketiga, pemeliharaan dan maintenance berkala. Aplikasi sudah dideploy dengan semua perbaikannya. Akan dilakukan pemeliharaan dan maintenance berkala agar proses penggunaan aplikasi terpantau dengan seksama.

Output

  • Mesin e-parking.
  • Aplikasi e-parking.
  • Laporan keuangan digital.
  • Sistem parkir baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simple Currency Converter with .NET Framework

Simple Login Form with WPF C#

Final Project PBKK C - Online Shop Website